Home Sports Tiga Tempat Fasilitas Olahraga di Sultra Kurang Terurus, Ada Apa?

Tiga Tempat Fasilitas Olahraga di Sultra Kurang Terurus, Ada Apa?

917
Foto : Tiga Tempat Fasilitas Olahraga di Sultra

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Selain Asrama Dayung, GOR Bahteramas, kini stadion Laki Dende yang juga kurang tak terurus. Tiga tempat fasilitas olahraga di Sultra ini sangat memprihatinkan dan seakan tak terurus.

Stadion kebanggaan masyarakat Sulawesi Tenggara (sultra) yang dibangun oleh Amir Mahmud saat menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (mendagri) ini mirip dengan dua tempat fasilitas olahraga lainnya, yakni GOR dan Asrama Dayung.

Rightnewskendari.com telah mengunjungi Stadion dua hari lalu. Dari jarak 50 meter, sebuah tribun sangat terlihat semrawut. Atap tribun bocor, sampah yang berserakan dimana-mana, ditambah lagi lumut yang menyelimuti lebih dari separuh bangunan.

Seorang ibu yang mengklaim dirinya sebagai penjaga stadion, Waode Ima mengatakan bahwa stadion ini memang kurang terurus. Namun, dialah yang setiap hari menjaga sekaligus membersihkan. Dia mengerjakan pekerjaan bersih -bersih di stadion LAKIDENDE tanpa gaji.

“Saya kerja disini dari awal tahun 2001 sampai sekarang,”kata dia yang mengeluh

Wa Ode Ima mengatakan, KONI Sultra beberapa kali mengunjungi bangunan tersebut. Dia melihatnya sudah tiga kali. Namun, dia tak tau maksud dan tujuan kunjungan KONI Sultra.

“Sudah 3 kali mereka datang kesini, 3 bulan lalu terus beberapa hari lalu juga mereka kesini,” katanya.

Sementara itu, Seorang pemain bola yang biasa berlatih di Lapangan Stadion Lakidende bernama Alan, mengakui bahwa stadion ini sangat memprihatinkan. Salah satu pemain FMP FC ini sedang menjalani pertandingan persahabatan di stadion tersebut. Dia mengeluh, karena fasilitas stadion ini sudah tidak layak dipakai. Mulai dari tribun dan fasilitas lainnya yang sudah tidak memadai.

“Menurut saya kalau lapangannya sendiri masih layak, cuman bangunan dan fasilitasnya sudah tidak layak sama sekali. Saya harap secepatnya untuk direnovasi karena cuman ini stadion yang ada di Kendari, kasian,” Harapnya.

Rightnewskendari.com juga pernah mengunjungi GOR Bahteramas. Dari Pandangan mata, nampak dari jauh terlihat berdiri megah dan besar. Namun, ketika melihat dari dekat, kumuh tak terpakai, rumput liar menjalar kemana – mana, pintu dan jendela kacanya hancur berserakan. Lantainya telah lapuk dan pecah serta sampah yang berhamburan dimana – mana.

Padahal jika fasilitas ini dirawat dan dijaga bisa menjadi gedung potensial serbaguna untuk tempat latihan peningkatan kemampuan para atlet. Maupun tempat kegiatan – kegiatan positif lainya.

Adapun Asrama Dayung, tak jauh beda dengan tempat fasilitas lainnya seperti GOR dan juga Stadion Lakidende. Asrama yang terletak di Bypass Teluk Kendari itu, sungguh tak terurus. Walaupun didalam menjadi tempat tidur atlet dan penyimpanan Fasilitas Atlet, namun kondisinya sangat kurang dari kata layak.

Herman Harun Kordinator tim seleksi dayung Sultra mengatakan bahwa, seleksi sudah berjalan sekitar setahun untuk mendapatkan atlet – atlet yang berkualitas, walau ditengah kondisi asrama PPLP yang cukup memprihatinkan.

“Mengenai kemampuan atlet kita cukup diandalkan. Walaupun, berbicara masalah sarana dan prasarana penunjang kita masih terbatas, kita masih jauh tertinggal dari Jawab Barat, DKI, maupun Riau, ucapnya.

Dia mengatakan kemampuan atlet – atlet Sulawesi Tenggara sangat disegani di Indonesia namun dia sangat prihatin dengan kondisi fasilitas yang sangat memprihatinkan.

“Memang ini sudah tidak layak dengan kondisi gedung ini apalagi terletak ditengah perkotaan. banyak yang sudah reot dan rapuh, ujarnya.

Salah satu atlet dayung PPLP Sultra Arjun mengatakan bahwa banyak hal yang dikeluhkan terkait kurangnya fasilitas penunjang. Seperti air yang jarang ada, kasur tempat tidur yang tidak layak, porsi makan yang tidak sesuai padahal dia menilai olahraga dayung ini adalah olahraga terukur dan membutuhkan fisik yang prima

Ketua Koni Sultra, Agista Ariani, yang ditanyakan persoalan Fasilitas Olahraga, mengatakan bahwa ketersediaan fasilitas yang memadai dinilai mampu meningkatkan prestasi para atlet Sulawesi Tenggara.

“Suport pemerintah itu penting terutama penunjangan fasilitas,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa, dalam hal perawatan dan perbaikan fasilitas – fasilitas olahraga di Sulawesi Tenggara khususnya Gor itu tidak terlepas dari dukungan dari Pemerintah Daerah. Pemerintah Pusat, maupun dukungan Kementerian dan itu yang sedang diusahakan oleh KONI.

“Kami mengharapkan seluruh jenjang pemerintahan bisa membantu tuk meninjau dan melihat fasilitas olahraga di Sulawesi Tenggara, agar bisa memicu indeks prestasi para atlet kita,”kata Ketua Koni Sultra ini.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulawesi Tenggara, Yusmin S.Pd, saat dikonfirmasi menuturkan pula, pemerintah Provinsi tidak sepenuhnya melepas tangan dengan fasilitas – fasiltas olahraga yang terbengkalai maupun yang tidak layak pakai tersebut.

Dia mengatakan, pemerintah Provinsi melalui Dispora serta KONI Sultra terus mengawal dan mencarikan jalan untuk perbaikan serta perawatan. “Pemerintah gerak cepat sekarang kami sedang tinjau Gor itu dan akan segera dibangun,” kata Yusmin.

Ahli Waris 12.600 Meter Persegi Lahan Stadion Lakidende Warning Pemprov Sultra

Bola panas Stadion Lakidende kembali bergulir. Hal ini setelah rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) ingin melakukan pembangunan Stadion berupa rehabilitasi berat di tahun Anggaran (TA) 2021 dan langsung mendapat tanggapan dari Ahli Waris pemilik lokasi stadion Lakidende.

Ahli waris StadionLakidende, Andi Malik, saat diwawancarai dikediamannya yang beralamtkan di Kota Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulbar, Sabtu (06/03-2021), menyampaikan bahwa Pemprov Sultra tidak berhak melakukan pembangunan di atas lokasi itu, dikarenakan lokasi itu bukan milik Pemerintah.

Andi Malik juga menyebutkan, sesuai Putusan Pengadilan Negeri (PN) Kendari Nomor : 66/Pdt.G/2008/PN.Kdi, Putusan Pengadilan Tinggi (PT) Sulawesi Tenggara (Sultra) Nomor : 41/Pdt/2009/PT.Sultra, Putusan Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia (RI) Nomor : 1558 K/Pdt/2010 dan putusan Peninjauan Kembali (PK) MA RI Nomor : 770 PK/Pdt/2012 telah dimenangkan oleh penggugat dalam hal ini ahli waris.

“Jadi melihat putusan itu, Pemprov Sultra tidak punya hak diatas tanah yang terletak di Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari seluas 12.600 meter persegi termasuk sebahagian areal Stadion Lakidende Sultra,” sebut Andi Malik yang juga anggota personil aktif Kodim 1427 Pasangkayu dilansir mediasuaranegeri.com

Andi Malik menegaskan jika Pemprov Sultra tetap melanjutkan niatnya melakukan kegiatan pembangunan di areal miliknya (Stadion Lakidende), dirinya akan melaporkan Pemprov Sultra ke pihak berwajib dan melaporkan keberatan ke Mahkamah Agung (MA).

“Yang jelasnya kita tunggu aja, jika Pemprov Sultra tetap melanjutkan pembangunan stadion, maka sebagai pemilik kami akan laporkan,” tegasnya. (MEP/RED/ADE/ESYAM)


Laporan : Renaldi/Marhaen
Editor. : Ade

Artikel Lainnya
Load More By rightnewskendari
Load More In Sports

9 Comments

  1. https://bookme.name/Madeline

    August 6, 2021 at 1:31 pm

    … [Trackback]

    […] Find More Information here to that Topic: rightnewskendari.com/tiga-tempat-fasilitas-olahraga-di-sultra-kurang-terurus-ada-apa/ […]

  2. relx

    October 1, 2021 at 11:17 pm

    … [Trackback]

    […] There you will find 98661 additional Information on that Topic: rightnewskendari.com/tiga-tempat-fasilitas-olahraga-di-sultra-kurang-terurus-ada-apa/ […]

  3. Glo Carts

    October 11, 2021 at 9:04 am

    … [Trackback]

    […] Information on that Topic: rightnewskendari.com/tiga-tempat-fasilitas-olahraga-di-sultra-kurang-terurus-ada-apa/ […]

  4. zortilonrel

    December 29, 2021 at 8:21 pm

    Good write-up, I’m regular visitor of one’s web site, maintain up the excellent operate, and It is going to be a regular visitor for a long time.

  5. http://tinyurl.com/ybp6oq5d

    March 27, 2022 at 4:56 pm

    I’m not that much of a online reader to be honest but your blogs really nice, keep it up!

    I’ll go ahead and bookmark your site to come back in the future.
    Cheers

  6. tinyurl.com

    May 16, 2022 at 9:51 am

    Greate pieces. Keep posting such kind of information on your blog.
    Im really impressed by it.
    Hi there, You’ve performed a great job. I will definitely digg it and for my part
    recommend to my friends. I’m confident they will be benefited from this website.

  7. DevOps Vendor

    July 1, 2022 at 7:44 am

    … [Trackback]

    […] Read More on to that Topic: rightnewskendari.com/tiga-tempat-fasilitas-olahraga-di-sultra-kurang-terurus-ada-apa/ […]

  8. nova88

    July 2, 2022 at 6:56 am

    … [Trackback]

    […] Read More to that Topic: rightnewskendari.com/tiga-tempat-fasilitas-olahraga-di-sultra-kurang-terurus-ada-apa/ […]

  9. sbo

    August 1, 2022 at 12:28 pm

    … [Trackback]

    […] Find More here on that Topic: rightnewskendari.com/tiga-tempat-fasilitas-olahraga-di-sultra-kurang-terurus-ada-apa/ […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Baca Juga

Kerja Sama Kadin Sultra, 14 Ton Kopra Dikirim Ke Jatim

KENDARI,RIGHTNEWS.COM – Kerjasama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggar…