Home Hukrim Tersangka Kasus Pajak Reklame Bisa Bertambah

Tersangka Kasus Pajak Reklame Bisa Bertambah

44
Foto/Ketgam : Kajari Kendari memegang duit hasil korupsi yang dikembalikan satu tersangka

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Pihak Kejaksaan Negeri Kendari akhirnya menetapkan satu tersangka dalam kasus dugaan korupsi Pajak Reklame Kota Kendari Tahun 2018-2019. Tersangka merupakan mantan PNS di Dinas Pendapatan Daerah Kota Kendari, yakni berinisial I. Dia berperan sebagai kordinator mengatur duit pajak retribusi daerah melalui Papan Reklame yang dipungut Pemerintah Kota Kendari selama ini.

Tindakan tersebut merupakan tindak pindana korupsi. Modusnya, duit yang masuk dari hasil pajak retribusi papan reklame tak dimasukan ke kas Daerah. Namun, diembatnya dinikmati untuk kepentingan pribadi. Dalam kasus ini, I tak ditahan di Kejaksaan Negeri lantaran dianggap koperatif selama proses Penyidikan. Apalagi tersangka telah mengakui perbuatannya dengan mengembalikan duit sebesar Rp 256.393.000 ke Jaksa.

“Jadi, kami tetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka sejak Jumat pekan lalu, berdasarkan surat Penyidikan. Hasil audit BPKP juga keluar dan sama dengan perhitungan yang kami lakukan,”ujar Kepala Kejaksaan Negeri Kendari, Shirley S dalam keterangan persnya didampingi Kasipidsus Kejari Kendari, Romadi, N.S

Kasus ini kata Shirley dilakukan penyelidikan selama tiga bulan. Audit BPKP diproses selama satu bulan. Kemungkinannya tersangka baru dalam kasus ini bisa saja. Tergantung dari hasil penyelidikan yang dilakukan Jaksa. Pihaknya juga mengakui, bahwa Jaksa sedang mendalami peran-peran saksi lainnya. Tercatat ada 20 orang saksi yang telah diperiksa dan bisa saja berkembang.

“Atas kasus ini tersangka dijerat dengan pasal 2, pasal 3 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 sebagai perubahan dari Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi dengan ancaman 15 Tahun penjara,”katanya. (Bar)

Artikel Lainnya
Load More By rightnewskendari
Load More In Hukrim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Pembangunan Kontruksi Rumah Sakit Jantung Tahap II, Bakal Dimulai

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Perjalanan infrastruktur Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra…