Home Konawe Tak Kapok, Dua Tersangka Curanmor Asimilasi Ditangkap Polres Konawe

Tak Kapok, Dua Tersangka Curanmor Asimilasi Ditangkap Polres Konawe

81


KONAWE, RIGHTNEWS.COM – Kepolisian Resor (Polres) Konawe merilis laporan kejadian tindak pidana pencurian kendaraan bermotor yang terjadi di Wilayah Hukum polres Konawe, Selasa (30/6/2020).

Kapolres Konawe AKBP Yudi Kristanto, S.IK melalui Kasat Reskrim Polres Konawe Iptu Husni Abda, S.IK menjelaskan bahwa dalam kurun waktu selama enam bulan tahun 2020 terdapat pelaku Curanmor ada dua orang. Mereka adalah Sopian alias Pian (23) warga Bombana dan Rusdin Arman alias Ode (29) warga Konawe.

Kedua tersangka merupakan residivis yang mendapat keringanan masa tahanan lewat program asimilasi April 2020 lalu. Akan tetapi, sesaat setelah keluar dari tahan keduanya kembali melancarkan aksi Curanmor. Alhasil, dua pemuda itu pun kembali dibekuk aparat kepolisian.

“Penangkapan kedua pelaku yakni ada yang di Kolaka dan di Bombana,” jelasnya Husni saat komprensi pers.

Kedua pelaku melancarkan aksinya di tiga tempat berbeda. Masing-masing tempat kejadian perkaranya (TKP), yakni di Pondidaha, Unaaha dan Lambuya.

“Motor Yamaha Mx King warna putih dengan nomor polisi DT. 6099 LA. yamaha MX King warna merah yang di ubah menjadi warna hitam Tkp lambuya dan motor yamaha Metic Mio warna putih ping TKP Pondidaha,”jelasnya.

Modus pelaku saat menjalankan aksinya adalah membawa lari kendaraan saat tidak sedang dikunci leher. Ada juga motor yang dicuri saat pemiliknya lupa mengambil kunci dari kendaraan saat diparkir.

Saat ini barang bukti yang berhasil diamankan oleh penyidik yakni sebanyak tiga unit sepeda motor. Sementara kedua tersangka sudah berada kembali di Rutan Unaaha dengan melanjutkan hukuman dalam perkara sebelumnya karena Asimilasinya dicabut oleh Rutan akibat melakukan pencarian bermotor.

“Kedua tersangka ini saat melakukan aksinya selalu bekerja sama. Kemudian, yang mencari pembeli ini adalah tersangka Sopian. dan uang dari hasil penjualan motor curiannya dibagi dua sama kedua tersangka. Kedua tersangka mengaku melakukan pencurian karena faktor ekonomi dan untuk memenuhi kebutuhan hidup seharl-hari,” pungkasnya.

“Kasus ini masih kita kembangkan untuk mencari tersangka lainnya,”tambahnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku di ancam dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. Saat ini kedua pelaku sudah ditahan di Rutan Kelas II B Unaaha, Kecamatan Tongauna.

Laporan : Januddin

Artikel Lainnya
Load More By rightnewskendari
Load More In Konawe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Seven Media Asia, Nobatkan Gubernur Sultra Sebagai The Best Indonesian Innovative Figures Awards 2020

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Seven Media Asia kembali menggelar The Best Indonesian Inno…