Home Konawe Serius Cegah Penyebaran Corona, Pemkab Konawe Godok Perbup Tentang Penggunaan Masker

Serius Cegah Penyebaran Corona, Pemkab Konawe Godok Perbup Tentang Penggunaan Masker

66
Foto : Pembahasan Perbup tentang sanksi penggunaa masker

KONAWE, RIGHTNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Konawe Sulawesi tenggara (Sultra) bersikap tegas dalam menangkal dan menangani penyebaran Covid-19 di wilayah setempat. Pemkab saat ini menggodok payung hukum berkaitan kewajiban penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam bentuk peraturan Bupati (Perbup) Konawe.

Dimana ada beberapa poin penting yang harus dimasukkan dalam Perbup itu. Misalnya kewajiban pemakaian masker, sanksi sosial bagi masyarakat yang masih abai menaati aturan yang telah di tetapkan oleh pemerintah.


“Perbup itu digodok untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam mengikuti protokol kesehatan,”ujar Gusli Topan Sabara, saat diwawancarai usai rapat bersama forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) Konawe terkait peningkatan kewaspadaan dalam mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19, Selasa (15/9), di ruang rapat Bupati Konawe.

Menurutnya, selama ini imbauan pemerintah menyangkut penerapan protokol kesehatan belum dipatuhi dengan baik oleh masyarakat. Ia menyebut, Perbup dipilih sebagai dasar hukum penerapan kewajiban prokes di Konawe sebab apabila dirumuskan melalui Peraturan Daerah (Perda), relatif memerlukan waktu yang lumayan panjang.


“Sementara, kebijakan itu harus segera kita berlakukan. Kalau lewat Perbup, kita tidak perlu lagi menunggu persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe, jelasnya

Ia menjelaskan, pada prinsipnya, Perbup itu dibuat untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan sehat. Katanya, yang diatur sebenarnya yakni kewajiban mendasar bagi warga Konawe supaya lebih disiplin dalam menjalankan pola hidup sehat. Hanya saja, poin-poin kebijakan yang diatur dalam Perbup Konawe yang digodok tersebut masih belum dirincikannya. Gusli hanya menyebut, selain kewajiban pemakaian masker, larangan berkerumun termasuk sanksinya juga diatur dalam Perbup tersebut.


“Perbup ini akan kita tuntaskan setelah menerima masukan dari seluruh forkopimda Konawe untuk dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Kalau itu sudah selesai, maka akan kita umumkan dan supaya segera diberlakukan kepada masyarakat,”Tutupnya.(Jay)


Laporan : Januddin

Artikel Lainnya
Load More By rightnewskendari
Load More In Konawe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Kadis Kominfo Pastikan, Tak Ada Skenario Terbitnya Imbauan Gubernur

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Pemerintah Sultra melalui Dinas Kominfo Sultra membantah is…