Home Kendari Sayembara Master Plan Untuk Wisata Terpadu Kendari-Toronipa

Sayembara Master Plan Untuk Wisata Terpadu Kendari-Toronipa

407
Ketgam. Kadis Pariwisata Sultra, I Gede Panca

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Tahapan pembangunan jalan Kendari-Toronipa terus berlangsung. Tak hanya itu, Pemprov Sultra rupa-rupanya telah menggagas kawasan Pariwisata Terpadu di sekitar Pantai Toronipa dengan luas lahan 144 Hektar.

Untuk memberikan gambaran design Master Plan pada pembangunan Pariwisata Terpadu tersebut, Pemerintah Provinsi Sultra mengadakan Sayembara lomba Design Master Plan untuk kawasan tersebut. Pemerintah mengadakan lomba ini untuk meminta gambaran pertimbangan tentang Design Master Plan.

Kepala Dinas Pariwsiata Sultra, Panca mengatakan lomba yang diselenggarakan ini murni dari ide Gubernur Sultra, Ali Mazi. Kata dia sayembara ini bertujuan untuk mencapai visi peningkatan peradaban masyarakat Sultra. Namun design Master Plan yang diharapkan harus mencerminkan identitas daerah. Misalkan, tak menghilangkan budaya lokal di lokasi tersebut dan dapat memberikan dampak baik untuk Masyarakat Sultra.

“Pak Gubernur sengaja mengadakan lomba ini. Semua ide dari Pak Gubernur. Tujuannya, untuk melihat potensi Pariwisata di Sultra,”kata Panca dalam keteranganya Persnya

Design Master Plan yang diharapkan Pemerintah dapat manunjukan pembangunan yang bekerkelanjutan dimasa mendatang. Artinya tidak mengurani nilai-nilai budaya yang ada. Dalam Pariwsiata Terpadu itu, kata Panca, Pempro akan menjadika Toronipa menjadi satu terminal yang bisa mewakili destinasi-destinasi di Sultra.

“Jadi, semua destinasi dari sejumlah daerah di Sultra dapat terwakili jika berkunjung ke tempat tersebut,”ujarnya

Pendaftaran lomba Design Master Plan ini sudah dimulai bulan ini. Para peserta dapat mengirimkan pendaftarannya melalui Email Dispar dan dapat berkunjung ke website Dispas untuk mengetahui informasinya. Sementara itu, Panca menyebutkan bahwa nantinya yang juara bakal mendapat hadiah berupa satu unit mobil. Kemudian design Master Plan yang dibuat dapat menjadi rujukan Pemerintah.

“Peserta berlaku umum. Baik dari Daerah, maupun dari luar daerah Sultra. Sifatnya invidu namun bisa juga Kelompok,”ujarnya. (***)


Laporan : Syukur

Artikel Lainnya
Load More By rightnewskendari
Load More In Kendari

One Comment

  1. […] “Jadi, semua destinasi dari sejumlah daerah di Sultra dapat terwakili jika berkunjung ke tempat tersebut,” kata Plt. Kadispar Sultra, I Gede Panca dikutip dari rightnewskendari. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Peringati Hari Kesaktian Pancasila ke 55, Gubernur Sultra Ikuti Upacara Secara Virtual Bersama Presiden

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi, SH., meng…