Home Kendari Rayakan HUT ke 75 RI, Lanal Kendari Gelar Lomba Kicauan Burung

Rayakan HUT ke 75 RI, Lanal Kendari Gelar Lomba Kicauan Burung

51
Ketgam: Para juri saat menilai burung peserta lomba seni suara burung bekicau Danlanal Cup I tahun 2020. (FOTO: akbar).

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari menggelar lomba burung berkicau Danlanal Cup I Tahun 2020. Bersama FBI (Federasi Burung Indonesia) dan KMK (Kicau Mania Kendari) bertempat di pelataran Citraland Kendari, Minggu (9/8).

Komandan Lanal (Danlanal) Kendari Adike Sry Mutia, melalui Dansatma Lanal Kendari Kapten Sahi Adam mengatakan, lomba seni suara burung bekicau tersebut bertujuan untuk menyatukan silahturahmi seluruh pencita burung di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Yang mana dalam lomba ini selain dari Sultra yang mengikuti lomba ada juga dari Kalimantan. Disamping itu, untuk mengenalkan kepada masyarakat khusus untuk lomba burung tersebut yang di adakan oleh Lanal Kendari,” katanya saat di wawancarai sejumlah awak media.
Dikatakan, kegiatan ini juga bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI tahun 2020.

“Dalam lomba ada hadiah tropi, piala dan piala bergilir untuk pemenang. Untuk tropi ada sepeda, televisi, kulkas, hadphone. Dan kegiatan ini akan di evaluasi lagi dimana tahun berikutnya akan lebih besar lagi dilaksanakan,” jelasnya.

Ditempat yang sama, ketua Federasi Burung Indonesia, Tjipto Widodo‎ mengukapkan, untuk penilaian lomba seni suara burung bekicau yakni dilihat dari irama lagu, volume suara, fisik dan gaya.

“Jadi untuk irama lagu itu, ada variasi yang di bawakan burung itu saat tampil. Dimana burung itu mempunyai isian apa saja dan tentu ada macam-macam dalam pengisian ini. Setidaknya vokal I yang cenderung dari pada vokal O. Sementara untuk volume seberapa tebal dan punya power bukan berarti keras tapi, hentakan yakni punya nafsu dan punya jiwa pejuang,” ucapnya.

Widodo‎ menambahkan, jenis burung yang di perlombahkan sendiri, ada sekitar 10 jenis burung dan sebanyak 33 kelas.
“Asal burung sendiri andemik. Untuk wilayah sulawesi hanya burung lokal seperti pleci, konin dan riorio. Sementara di kalimantan, sumatra dan jawa mengunakan burung murai batu, kacer,” sebutnya.

Dia bilang, untuk piala bergilir Danlanud Cub I Kendari peserta dari Sultra ada Baubau,Unaaha, Kalimantan Timur kota Samarinda, Sulawesi Selatan (Sulsel) Makassar.

“Dengan total peserta 450 untuk sementara. Dan kegiatan ini berlangsung selama satu hari mulai pukul 11.00 wita sampai selesai,” paparnya. (Bar)

 

Artikel Lainnya
Load More By rightnewskendari
Load More In Kendari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Kadis Kominfo Pastikan, Tak Ada Skenario Terbitnya Imbauan Gubernur

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Pemerintah Sultra melalui Dinas Kominfo Sultra membantah is…