Home Hukrim PT Baula Petra Buana Garap Lahan Warga, PN Andolo Hukum Perusahaan Tersebut Untuk Pulihkan Lahan 45 Ha

PT Baula Petra Buana Garap Lahan Warga, PN Andolo Hukum Perusahaan Tersebut Untuk Pulihkan Lahan 45 Ha

68


KENDARI, RIGHTNEWS.COM – PT Baula Petra Buana (BPB) siap-siap angkat kaki dari lokasi lahan yang ditambangnya. Pasalnya, baru-baru ini, Muhamad Juhir Silondae, warga Konawe Selatan (Konsel), membuktikan secara sah, bahwa lahan 45 Ha yang ditambang sejak 2016 oleh Perusahaan Swasta tak berdasar. Dia membuktikan tersebut di Pengadilan Negeri Andolo.

Majelis Hakim, Endra Hermawan memutus perkara perdata sengketa lahan tersebut dengan adil. PT Baula Petra Buana, dihukum untuk memulihkan lahan yang selama ini ditambangnya. Menghukum bahwa aktivitas tersebut merupakan tindakan pidana melawan hukum. Kemudian, Perusahaan tersebut dihukum untuk mengreklamasi lahan 45 ha yang bukan miliknya tersebut.

“Putusannya sudah dijatuhkan oleh Majelis. Mereka (pihak Perusahaan) membutuhkan waktu 14 hari,”tutur Kuasa Hukum Muhamad Juhir Silondae, Andri Darmawan.

Andri mengatakan, putusan tersebut sudah tepat. Hanya saja, Hakim tak mengabulkan permohonan lainnya. Dimana ada permohonan penggantian Inmateril dan materil senilai Rp 84 Miliar dari lahan yang diolah PT Baula Petra Buana sejak Tahun 2016. Andri Dermawan mengatakan, akan mengajukan bukti-bukti baru untuk Point permohonan tersebut.

“Misalkan bukti bahwa aktivitas tambang pengapalan yang dilakukan perusahaan tersebut, ada 90 kali melakukan pengapalan,”tegasnya.(Bar)


Laporan : Akbar

Artikel Lainnya
Load More By rightnewskendari
Load More In Hukrim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Kadis Kominfo Pastikan, Tak Ada Skenario Terbitnya Imbauan Gubernur

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Pemerintah Sultra melalui Dinas Kominfo Sultra membantah is…