Home Muna Pemdes Napalakura Diduga Bajak Dana Bantuan “Kusuka” Untuk Warga

Pemdes Napalakura Diduga Bajak Dana Bantuan “Kusuka” Untuk Warga

254
Warga Napalakura Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara, cari keadilan (gambar ilustrasi)

MUNA, RIGHTNEWS. COM – Enam warga Desa Napalakura kecamatan Napabalano Kabupaten Muna, mengeluhkan tindakan pemerintah desa (pemdes) setempat atas bagi-bagi dana bantuan “Kusuka”. Bantuan dari pemerintah pusat untuk nelayan itu, tak diberikan terhadap penerimanya. Padahal, mereka telah telah tersaftar serta mengantongi syarat sebagai penerima manfaat. Sayangnya, Pemdes yang dipimpin seorang pelaksana itu, mengcancel bantuan itu tanpa alasan jelas.

Enam warga di desa itu pun, terpaksa hanya pasrah saja. Apalagi, mereka kesulitan mencari keadilan. Untuk membongkar kejanggalan itu, warga terpaksa mengeluarkan unek-uneknya terhadap warga lain di desa itu yakni JL (inisial). Sebab, mereka menuding, Pemdes telah membajak dana bantuan tersebut.

Berdasarkan pengakuan warga, JL mengaku, ada 24 warga hadir di balai desa, untuk menerima bantuan itu. Akan tetapi, tersisa 6 orang warga tak diberikan haknya. “Sebenarnya, apa masalahnya sehingga tak diberikan dana bantuan itu. Mereka terdaftar sebagai penerima. Tetapi, pelaksana kepala desa memilih untuk tak menyalurkan ke warga,” kata JL, saat dikonfirmasi, Sabtu (10/10).

Anehnya lagi, lanjut JL, enam warga yang tak diberikan hak-haknya ini, diperintahkan untuk memegang uang tunai. Kemudian, pemerintah mendokumentasikan itu, yang disertai dengan foto KTP dan kartu KK. “Setelah diajak berfoto, uang itu diambil kembali sama pelaksana ibu Sunarti. Katanya, mau dikembalikan ke Dana Desa. Ini kan bentuk penipuan. Warga disuruh berfoto, pegang uang. Semua hanya formalitas saja,” terangnya.

Kata dia, seharusnya, enam warga ini, seharusnya mendapatkan dana itu sebesar Rp 1,8 juta perorangnya, untuk tahap pertama, terhitung April sampai Juli. Akan tetapi, semua hanya sia-sia. “Janganmi saya sebut nama siapa mereka. Kalau mau cek datang di sini di Napalakura untuk tahu kejadiannya. Bagi yang berwenang. Karena, warga sudah sakit hati terhadap ibu kepala desa ini. Pegang uang disuruh foto dan tanda tangan, kemudian uangnya diambil kembali pelaksana,” terang JL lagi sesuai pernyataan warga penerima.

Ia berharap, pihak-pihak terkait menelusuri tindakan tak pantas yang ditunjukka pelaksana.

Sementara, PLT Kades Napalakura Sunarti belum dapat dikonfirmasi. (***)

Artikel Lainnya
Load More By Redaksi
Load More In Muna

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Baca Juga

Kontra InilahSultra, Don Siap Sumbang Dua Gol

KENDARI,RIGHTNEWS.COM –Penantian tim pers Muna Barat (Mubar) kontra InilahSultra dib…