Home Kendari Pembuatan SIM di Polres Kendari Terapkan Sistem Online, Buruan Buat !

Pembuatan SIM di Polres Kendari Terapkan Sistem Online, Buruan Buat !

227
Foto. Ilustrasi

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Satuan Lalu Lintas Polres Kendari tak mau mempersulit masyarakat dalam pembuatan SIM. Untuk mempermudah, Sat Lantas Polres Kendari menerapkan sistem perekaman SIM secara online. Selain itu pula, pembuatan SIM dipercepat menjadi satu hari. Masyarakat yang belum memiliki SIM silahkan ke Polres Kendari untuk melakukan perekaman Identitas diri lalu mengikuti tes secara online dan juga Praktik berkendara.

Kasat Lantas Polres Kendari AKP Sri Endang menyebutkan, tarif SIM pada umumnya diterapkan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016. Yakni SIM A Rp 120, SIM B Rp 120 dan SIM C Rp 100.

Untuk memperpanjang SIM juga dikenakan tarif sebesar Rp 80 ribu sampai dengan Rp 75 ribu. Mantan Kapolsek Baruga ini menuturkan, pembuatan SIM online ini selain untuk memudahkan masyarakat, ini juga dilakukan untuk menghindari Pungutan Liar (Pungli).

“Iya. Sistemnya sudah online memang sejak tahun sebelumnya. Kami juga memberikan ruang kepada warga untuk melakukan pembayaran secara non tunai kepihak BRI,”tutur wanita berhijab ini

AKP Endang mengakui bahwa setiap tahun ke tahun, Sat Lantas Polres Kendari terus melakukan sosialisasi-sosialisasi kepada masyarakat untuk penerapan SIM secara online. Melalui media maupun sosialisasi secara langsung. Dia berharap, masyarakat dapat memiliki SIM secepatnya sebelum berkendara.

“SIM itu wajib untun pengendara. Pembuatannya juga kok kami mudahkan,”katanya. (***)


Laporan : Syukur

Editor     : WIN

Artikel Lainnya
Load More By rightnewskendari
Load More In Kendari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Pembangunan Kontruksi Rumah Sakit Jantung Tahap II, Bakal Dimulai

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Perjalanan infrastruktur Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra…