Home Hukrim Kejati Sultra Cium Aroma Dugaan Korupsi di Sekretariat Baubau, Laporannya Sebesar Rp 6,2 Miliar

Kejati Sultra Cium Aroma Dugaan Korupsi di Sekretariat Baubau, Laporannya Sebesar Rp 6,2 Miliar

742


KENDARI, RIGHTNEWS. COM – Kejaksaan Tinggi Sultra mencium adanya dugaan kasus korupsi di Kota Baubau. Kasus ini mengenai dugaan penyelewengan dana di mata anggaran APBD Tahun 2019. Dugaan awal, laporan tersebut terkait duit Rp 6,2 Miliar yang diselewengkan. Laporan ini mengenai penyalagunaan alokasi anggaran APBD Sekda Baubau.

Berdasarkan laporan dari Koalisi Advokasi Kebijakan Publik rincian kelebihan pembayaran tersebut sebesar Rp 6,256.469.062,00. Total anggaran ini merupakan kelebihan realisasi anggaran dari alokasi yang sebenarnya pada Tahun 2019. Pelapor Isya Ansari mengatakan, bahwa kelebihan pembayaran ini dapat berdampak korupsi. Pasalnya ini melaranggar Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Daerah yang berbunyi penataan usahaan pasal 124.

“Bahwa setiap pejabat dilarang melakukan tindaakan yang mengakibatkan pengeluaran anggaran APBD jika tidak cukup,”tutur Isya Ansari dalam keteranganya.

Dia menyebutkan, ada 23 item kelebihan pembayaran yang tak sesuai dengan alokasi APBD Tahun 2019. Satu item misalkan, biaya pembelanjaan cetak, pembelanjaan perjalanan dinas dan pengadaan alat tulis kantor. Sebagian item kata dia masih ada lagi.

“Ada kelebihan pembayaran yang tak sesuai dengan alokasi anggaran. Realisasinya diduga sengaja dilebihkan, sehingga ada kelebihan pembayaran duit Rp 6,2 Miliar lebih,”tuturnya.

Sementara itu Kasi Penkum Kejati Sultra, Herman Darmawan membenarkan adanya laporan tersebut. Dia membenarkan bahwa adannya penyelidikan yang dilakukan tim Intel Kejaksaan Tinggi Sultra. Sebagai langkah awal, kata Kasipenkum bahwa ini masuk dalam tahapan pengumpulan bahan dan keterangan (Pulbaket). Jadi prosesnya masih bentu klarifikasi. Ditanyakan apakah Sekda Baubau akan ikut diperiksa? Dia menuturkan tergantung dari tahapannya.

“Yang jelasnya, kami masih Pulbaket. Sementara kita lakukan klarifikasi kepada pihak-pihak yang mengetahui,”katanya. (Bar)


Laporan : Tim

Artikel Lainnya
Load More By rightnewskendari
Load More In Hukrim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Kadis Kominfo Pastikan, Tak Ada Skenario Terbitnya Imbauan Gubernur

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Pemerintah Sultra melalui Dinas Kominfo Sultra membantah is…