Home Hukrim Kasus Dugaan Penyelewengan Dana Bunga Deposito Pemprov Sultra Pernah Dilapor di Kejati

Kasus Dugaan Penyelewengan Dana Bunga Deposito Pemprov Sultra Pernah Dilapor di Kejati

97


KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Bumi Anoa Menggugat menggelar aksi demonstrasi di Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra. Mereka menuntut transparansi dan keterbukaan Deposito bunga Pemerintah Sulawesi Tenggara yang diduga diselewengkan. Dana deposito dari tiga Bank Umum sebesar Rp 205 Miliar, bunganya diduga terdaat selisih dengan yang masuk ke Kas Daerah.

Dari hasil temuan BPK Sultra, audit ini menunjukan bahwa Pemrov Sultra telah melakukan deposito di tiga Bank yakni Bank BNI Rp 70 Miliar, BRI Rp 80 Miliar dan Mandiri Rp 55 Miliar. Total sebanyak Rp 205 Miliar dengan Bunga masing-masing 7 persen. Bunga tersebut hanya masuk ke kas Daerah sebanyak 2 persen 13,02 Miliar dan Rp 34,44Miliar yakni 5 persennya diduga mengalir ke rekening oknum.

“Kami mendesak Kejaksaan untuk menyelidiki kasus ini,”kata salah satu Aktivis bernama Awal yang saat itu datang ke Kantor Bappeda Sultra menanyakan transparansi deposito ini

Sementara itu, dari hasil penelusuran, sebenarnya catatan kasus ini sudah pernah di laporkan di Kejaksaan Tinggi Sultra. Yakni kasus tersebut pernah didalami oleh tim Intelejen Kejaksaan Tinggi Sultra. Kasusnya mirip, yakni terkait deposito duit yang diduga diselewengkan. Jaksa pernah melakukan klarifikasi terhadap pihak-pihak yang tau persoalan ini, hanya sayangnya tak jelas sampai saat ini. (Bar)


Laporan : Tim

 

 

Artikel Lainnya
Load More By rightnewskendari
Load More In Hukrim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Peringati Hari Kesaktian Pancasila ke 55, Gubernur Sultra Ikuti Upacara Secara Virtual Bersama Presiden

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi, SH., meng…