Home Konawe Kabupaten Konawe Raih Opini WTP Ketujuh di Bawah Kepemimpinan Kery Saiful Konggoasa

Kabupaten Konawe Raih Opini WTP Ketujuh di Bawah Kepemimpinan Kery Saiful Konggoasa

98

KONAWE, RIGHT NEWS.COM – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Tenggara

menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten konawe Sulawesi tenggara (Sultra) mendapat opini wajar Tampa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Sulawesi Tenggara

Penyerahan LHP ke Pemda, sesuai ketentuan Pasal 17 ayat (3) Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, dan Pasal 8 ayat (1) Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan dinyatakan Laporan Hasil Pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah disampaikan pula kepada Presiden, Gubernmur, Walikota / Bupati untuk keperluan tindak lanjut hasil pemeriksaan.

Penyerahan LHP atas LKPD TA 2021 tersebut, diserahkan oleh Plh Kepala Perwakilan BPK Sultra, Patrice Lumumba Sihombing dan diterima langsung oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yang didampingi ketua DPRD kabupaten Konawe H.Ardin.

Hal ini disampaikan, PLH Kepala BPK Perwakilan Sultra Patrice Lumumba Sihombing mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Konawe, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Buton Tengah, Kabupaten Buton Utara dan Konawe Kepulauan, terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2021.

“Kami mengucapkan terimakasih atas laporan keuangannya, kami berharap pemerintah daerah terus meningkatkan kinerja pengelolaan keuangannya, karena BPK akan terus memonitoring,” ujarnya.

Sesuai dengan mandat Pasal 20 dan Pasal 21 Undang – undang Nomor 15 Tahun 2004, Pemerintah Daerah harus menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan BPK, berdasarkan peraturan perundang-undangan tersebut dinyatakan bahwa pejabat yang diperiksa wajib menyampaikan jawaban atau penjelasan atas tindak lanjut hasil BPK dalam kurun waktu 60 hari sejak diterimanya LHP ini.

Bahkan, DPRD sebagai lembaga perwakilan mempunyai fungsi pengawasan dalam hal menindaklanjuti temuan BPK yakni, dengan melakukan pembahasan bersama dengan kepala daerah sesuai kewenangannya.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) mengucapkan syukur, dan mengapresiasi kinerja bawahannya yang telah berupaya maksimal menyajikan laporan keuangan sesuai standar penilaian BPK RI.

Kabupaten Konawe sudah mendapatkan WTP yang ke-7 (tujuh) kali, alhamdulillah WTP kita ini yang ketujuh kali, Ini bukan kerja saya sendiri, tapi kerja kolektif segenap pegawai Pemkab Konawe.” Ucapnya. Selasa, 31/5/2022

“Saya juga berharap kita semua harus bekerja sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang sudah ada. Baik itu peraturan pemerintah (PP) atau Peraturan Menteri (Permen) yang terkait dengan itu. Atau bahkan petunjuk teknis (Juknis),” tuturnya Kery.

Bupati dua periode ini mengatakan, predikat WTP ketujuh kali berturut-turut yang di dapatkan Kabupaten Konawe merupakan kerja keras dan kerja cerdas yang dilakukan segenap Pegawai Pemda Konawe sesuai petunjuk badan pemeriksa keuangan (BPK)

“Bisa mempertahankan yang ketujuh kali karena kerja baik sesuai petunjuk BPK, karena BPK ini melaksanakan perintah negara untuk memeriksa penggunaan keuangan daerah apakah pembelanjaannya sudah sesuai aturan atau belum,” jelasnya.

Artikel Lainnya
Load More By rightnewskendari
Load More In Konawe

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Baca Juga

Kerja Sama Kadin Sultra, 14 Ton Kopra Dikirim Ke Jatim

KENDARI,RIGHTNEWS.COM – Kerjasama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggar…