Home Lipsus Informasi Kapolda Sultra Keliru, Kemenkumham Sebut 49 WNA yang Tiba di Kendari Berangkat dari China Hanya Punya Visa Kunjungan

Informasi Kapolda Sultra Keliru, Kemenkumham Sebut 49 WNA yang Tiba di Kendari Berangkat dari China Hanya Punya Visa Kunjungan

11,209
Foto : Gubernur Sultra Ali Mazi, bersama Kepala Kantor Kemenkumham Sultra, Sofyan dan juga Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sultra Saemu Alwi saat memberikan keterangan persnya kepada Media

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Kementerian Hukum dan Ham Sultra merilis catatan perjalanan 49 WNA asal China yang tiba Minggu malam kemarin. Secara resmi, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra, Sofyan menyampaikan bahwa WNA tersebut tak memperpanjang Izin Kerja di Jakarta. Tetapi, 49 WNA tersebut adalah WNA baru, yang datang dari China melalui Bandara Soerkarno Hatta Jakarta setelah transit di Bangkok, Thailand. 49 WNA ini sebelumnya telah menjalani Karantina di Thailand dan menjalani pemeriksaan kesehatan KKP di Bandara Soekarno Hatta.

Kabar ini menjadi bukti bahwa Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdysyam menyampaikan informasi yang salah kepada masyarakat, malam kemarin di Rujab Gubenur Sultra. Dia sebelumnya merinci, bahwa hanya ada 40 WNA yang datang dari Jakarta, TKA asal PT VDNI yang memperpanjang izin Kerja. Dia juga tak berpikir panjang, langsung menangkap Pengunggah Video viral WNA di Bandara HLO Kendari tanpa mendapat informasi yang benar-benar pasti.

Adapun Sofyan tak mau mengomentari kesalahan informasi yang disampaikan Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdysyam. Sofyan hanya bilang, bahwa apa yang disampaikan Kapolda adalah informasi yang bersifat awal.

“Tidak salah juga. Namun informasinya sifatnya baru awal,”tutur Sofyan dalam konferensi Pers, setelah menggelar Rapat Tertutup di Kantor Rujab Gubernur, bersama Ali Mazi, Kapolda Sultra, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sultra, Saemu Alwi.

Yang paling menarik, Sofyan menyebutkan bahwa WNA ini tak memiliki izin kerja. Namun, mereka mempunyai visa Kunjungan yang sebelumnya dikeluarkan oleh KBRI Beijing, pada 14 Januari lalu. Hanya saja, visa Kunjungan tersebut dipelintir bahwa visa tersebut adalah visa Kunjungan untuk calon tenaga kerja TKA, dalam rangka kegiatan uji coba kemampuan kerja. Sofyan bilang, ke 49 WNA ini telah menjalani pemeriksaan kesehatan melalui KKP Jakarta. Namun, dia mengakui mereka tak di Karantina selama 14 Hari seperti ketentuan yang telah ditetapkan.

“Yang jelasnya kami hanya mendapatkan rekomendasi dari KKP bahwa mereka telah mengantongi kartu kewaspadaan Kesehatan. Jadi, kemungkinan besar sudah di cek kesehatannya. Apalagi sudah menjalani Karantina di Thailand selama 15 hari mulai dari 29 Februari hingga 15 Maret. Kalau soal izin Kunjungan, bisa 60 hari menjadi calon pekerja,”katanya.

Mengenai pemosting Video viral yang ditangkap oleh Polda Sultra, Gubenur Sultra Ali Mazi bilang, sebaliknya. Dia justru mengapresiasi masyarakat yang telah melaporkan informasi adanya WNA yang datang dari Luar ke Bandara HLO Kendari. Namun, Ali tetap meminta masyarakat agar menyampaikan informasi dengan tidak memosting ya ke Media Sosial. Lebih baik disampaikan secara resmi.

“Masyarakat itu sudah benar. Tapi, caranya yang kurang baik. Tapi kami terimakasih kepada yang menyampaikan informasi melakui video tersebut. Dia memastikan pengunggah itu tak diproses hukum,”tegasnya. (***)


Laporan : Syukur

Artikel Lainnya
Load More By rightnewskendari
Load More In Lipsus

10 Comments

  1. Anonim

    Maret 16, 2020 at 1:49 pm

    no kemem ah takut salah.

  2. […] “Masyarakat itu sudah benar. Tapi, caranya yang kurang baik. Tapi kami terimakasih kepada yang menyampaikan informasi melakui video tersebut. Dia memastikan pengunggah itu tak diproses hukum,”tegasnya. (rnk) […]

  3. Anonim

    Maret 16, 2020 at 5:00 pm

    Klo menilang jagonya, seakan tembus pandang matanya kedalam dompet tp klo masalah begini salah trus. Sudah dibelah juga ternyata salah, ei….

  4. Anonim

    Maret 16, 2020 at 10:40 pm

    Memang Betul Kok. Jangan disembunyikan 😀😀😀

  5. Anonim

    Maret 17, 2020 at 3:42 am

    mwx di sampaikan scra resmi. nanti mereka yg umpetin.

  6. Anonim

    Maret 17, 2020 at 3:52 am

    Berarti kapoldanya jga harus di tangkap.. cz mnyebarkan berita hoax..hukum Adil.. jngan hanya rakyat terus yg salah…
    Sudah rusak ini negara.. dpe pejabat2 sudah eror.

  7. Justin

    Maret 24, 2020 at 3:31 pm

    Long time supporter, and thought I’d drop a comment.

    Your wordpress site is very sleek – hope you don’t mind me asking what theme you’re using?

    (and don’t mind if I steal it? :P)

    I just launched my site –also built in wordpress like yours– but the theme slows (!) the site down quite a bit.

    In case you have a minute, you can find it by searching for “royal cbd”
    on Google (would appreciate any feedback) – it’s still
    in the works.

    Keep up the good work– and hope you all take care of
    yourself during the coronavirus scare!

  8. PietroC

    April 3, 2020 at 4:14 am

    Hi i see your website needs visitors, if you need more traffic you should read about one interesting method. Simply search in google: Jemensso’s tricks

  9. blog3004

    April 9, 2020 at 7:54 am

    Hello, i think that i saw you visited my web site so i came
    to “return the favor”.I am trying to find things to
    enhance my website!I suppose its ok to use some of your ideas!!

  10. Alex

    April 18, 2020 at 12:14 am

    WOW just what I was searching for. Came here by searching for .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Peringati Hari Kesaktian Pancasila ke 55, Gubernur Sultra Ikuti Upacara Secara Virtual Bersama Presiden

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi, SH., meng…