Home Muna Bupati Muna Ganti Nama, Dari Rusman Untung Ke Rusman Emba

Bupati Muna Ganti Nama, Dari Rusman Untung Ke Rusman Emba

1,295
Humas Pengadilan Negeri Raha, Dio Dera Darmawan

MUNA, RIGHTNEWS. COM – Bupati Muna LM Rusman Rusman Emba diduga memiliki nama berbeda diriwayat hidupnya. Dalam identitasnya, Calon Bupati Muna yang ikut dalam perhelatan Pilkada itu, selama ini dikenal dengan nama Rusman Emba. Ternyata, dalam proses perjalanannya, bersangkutan  memiliki nama asli, Rusman Untung.

Hal itu terkuak, saat adanya sidang perdata permohonan yang tertuang dalam nomor perkara 20/PDT.P/2020/PNRAH, di Pengadilan Negeri Raha, hari ini, Kamis (24/9).

Berdasarkan pengakuan Humas Pengadilan Negeri (PN) Raha, Dio Dera Darmawan, dalam perkara tersebut, isi permohonan pemohon melakukan ganti nama dari La Ode M Rusman Untung jadi La Ode M Rusman Emba. “Jadi, dalam sistem informasi perkara tercatat adalah La Ode M Rusman Emba ST. Pemohon ingin mengganti nama dari La Ode M Rusman Untung jadi La Ode M Rusman Emba,” kata Humas PN Raha, Dio Dera Darmawan, saat ditemui di PN Raha.

Ia mengaku, perubahan data itu, dilakukan pada akte kelahirannya saja. Semula adalah La Ode M Rusman Untung. Nah, pengajuan perkara itu, dikabulkan atau tidak, nanti tergantung hasil persidangannya. Terkait dengan tahapan Pilkada yang sudah ditetapkan sebagai kandidat, Dio Dera Darmawan tak bisa menjawab. Sebab, itu masuk dalam kewenangan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat. “Pengadilan tetap menerima permohonannya. Karena, Rusman mencari keadilan. Itu hak perdata. Kita tunggu saja hasil sidangnya,” katanya.

Dalam tahapan persidangan, lanjutnya, dimulai dengan pembacaan isi permohonan serta keterangan saksi. Pasca itu, dilakukan penetapan.

Jika disimak, perkaranya bukan disitu. Akan tetapi, jangan sampai data identitas yang melekat diijazah, akan berbeda-beda. Mulai dari ijazah SD, SMP, SMA maupun sarjana. Sementara, dalam pendaftarannya tercatat, La Ode M Rusman Emba. Persoalan mau disimpulkan bermasalah hukum atau tidak, lantaran adanya dokumen berbeda, publiklah yang menilai. Tentunya, mengacu pada peraturan perundang-undangan. (***)

Artikel Lainnya
Load More By Redaksi
Load More In Muna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

80 Persen RAPI Bakalan Raih Kemenangan di Muna Timur

MUNA,RIGHTNEWS. COM- Safari politik Calon Bupati La Ode M Rajiun Tumada dan wakilnya La Pi…