Home Hukrim Berkedok Dapin, Puluhan Ibu-ibu di Kendari Tertipu. Kerugian Ditaksir 1.1 Milar Rupiah

Berkedok Dapin, Puluhan Ibu-ibu di Kendari Tertipu. Kerugian Ditaksir 1.1 Milar Rupiah

211

KENDARI, RIGHTNEWS.COM


Puluhan Ibu-ibu di Kota Kendari tertipu dengan investasi berkedok Dana Pinjaman (Dapin) dari penipuan tersebut ditaksir kerugian menyentuh hingga miliaran Rupiah.

Dalam keterangannya, Kapolres Kota Kendari, Kombes Pol M Eka Faturahman, mengatakan terduga pelaku merupakan seorang perempuan bernama Laila Nur Janah (27).

“Ia dilaporkan puluhan warga karena diduga melakukan penipuan dan penggelapan uang senilai Rp 1,1 miliar dan kami bekuk di salah satu warkop pada Sabtu malam tanggal 21 Januari 2023,” bebernya.

Menurut Eka, Aksi tipu-tipu Laila Nur Janah dimulai bulan November 2022 lalu, melalui grup whatsapp Dana Pinjaman (Dapin) Rp 10 juta. Kemudian mencari investor dengan menjanjikan investasi berupa dana pinjaman.

“Jumlah investasi bervariasi. Misalnya Rp 10 juta kembali Rp 15 juta selama 10 hari dan Rp 5 juta kembali Rp 7,5 juta selama 10 hari. Adapun, korban yang ikut dalam grup Dapin menginvestasikan uangnya diawali dengan chat berupa besaran pinjaman,” kata dia.

Lantas, dibuat daftar nama-nama peminjam yang awalnya dimulai berjalan normal seperti yang telah dijanjikan. Namun, pelaku memasukan nama-nama yang tidak ada orangnya atau palsu.

Padahal, dalam penerapannya, Uang investasi nasabah diambilnya sendiri dan hanya mengatasnamakan orang lain,” tutup Pria yang pernah menjabat sebagai Ditnarkoba Polda Sultra tersebut.

Artikel Lainnya
Load More By rightnewskendari
Load More In Hukrim

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Baca Juga

Pemkab Konawe Gandeng Kantor Bahasa Sultra Demi Tingkatkan Kemahiran Berbahasa Indonesia

KONAWE, RIGHTNEWS.COM Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) melaksanakan Sosiali…