Home Kendari Bakal Wujudkan Sultra Cerdas Melalui Perpustakaan Modern

Bakal Wujudkan Sultra Cerdas Melalui Perpustakaan Modern

109
Foto/Ketgam: Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, Nur Saleh, S.Pd, Mm, Pub

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Visi misi pasangan duet kepemiminan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi dan Lukman Abunawas (AMAN) dalam mewujudkan Sultra Cerdas dalam waktu dekat bakal segera terwujud. Konsep ruang baca modern yang dipersembahkan melalui Pembangunan Perpustakaan Modern bakal segera terwujud. Tak hanya itu, kelak tuntas dibangun Desember Tahun ini, Perpustakaan modern ini bakal dimanfaatkan secara efektif oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, dibawa kepempimpinan Nur Saleh Spd, Mm, Pub.

Nura Saleh memiliki impian mewujudkan gagasan baru dalam mengimplementasikan visi dan misi Gubernur Sultra, Ali Mazi yakni Sultra Cerdas. Dia bakal menggunakan semua tenaganya untuk menata Perpustakaan 8 lantai tersebut. Bagi dia, diperlukan sumber daya manusian (SDM) yang memadai agar Perpusatakann Modern dimanfaatkan dengan secara efektif. Misalkan, tak hanya menyiapkan ruang baca saja. Tapi, diperlukan semua tenaga ahli dari bidang apapun yang dapat menjelaskan, materi-materi buku yang ada di Perpustakaan.

Foto /Ketgam : Gambar Perpustakaan taraf Internasional yang dibangun di Kota Kendari

“Kita sediakan SDM yang harus bisa menguasai semua bidang, misalkan untuk yang ahli dibidang pertanian, teknologi, perdagangan dan lain sebagainya. Akan saya upayakan, ini juga sebuah tantangan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas,”kata mantan Kepala Inspektorat Kabupaten Wakatobi ini.

Nur Saleh mengatakan, ruang baca yang disediakan ini juga mampu memberikan kenyamanan untuk para pembaca. Agar masyarakat dapat menikmati apa yang menjadi bacaannya. Bagi dia, ditengah kemajuan teknologi saat ini, sangat dibutuhkan sumber daya yang berkualitas. Dimana, masyarakat yang dapat mengakses segala hal apapun di Perpustakaan modern tersebut. Nur Saleh, menginginkan dengan hadirnya wisata edukasi di Perpustakaan Modern, mamu memacu potensi minat baca masyarakat Sultra.

“Kedepannya, jika perpustakaan ini sudah bisa dioperasikan. Saya ingin semua data yang dibutuhkan di Sultra harus terpenuhi semua, baik dari segi informasi kultur dan budaya Sultra,”harapnya. (Bar)

Mampu Memacu Minat Baca Warga Sultra

Hadirnya Perpustakaan Modern di Sultra, dipastikan bakal memacu semangat warga Sultra dalam membaca buku. Tantangan yang paling besar, soal bagaimana mewujudkan kapasitas ruang belajar dengan membaca buku. Hal ini diinginkan Kepala Dinas Perpustakaan Sultra, Nur Saleh. Bagi Nur Saleh pengembangan peningkatan sumber daya manusia melalui membaca sangat penting. Sebab, membaca adalah bagian dari proses mengetahui kehidupan di luar.

Salah satu program yang ada dalam minset Nur Saleh, yakni membentuk sebuah Perpusatakaan disetiap pedesaan. Kemudian mengaktifkan semua Perpusatakaan-perpustakaan yang ada disetiap sekolah. Perpustakaan modern ini bagian dari mitra Dinas Pendidikan Sultra. Untuk itu, ini juga dapat menjadi bahan acuan, agar semua sekolah bisa menerapkan ruang baca di perpustakaan masing-masing.

Foto/Ketgam : Bangunan Perpustakaan modern dalam tahap pembangunan

Pengembangan Perpustakaan Modern yang ada saat ini, kata Nur Saleh, dapat memacu minat wisatawan asing ketika berkunjung di bumi Anoa.

“Insyallah, kita mampu membawa pola pikir masyarakat untuk mamacu minat baca,”kata Nur Saleh.

Nur Saleh menginginkan hadirnya Perpustakaan Modern, tak semata untuk membaca saja. Tapi, juta mampu memberikan tempat-tempat lain yang bisa meningkatkan kualitas pengetahuan masyarakat umum dan juga pelajar. Program yang akan dirancangnya, memacu minat baca dengan menyiapkan ruang penyajian film dokumenter. Dimana ruang ini dapat dimanfaatkan pelajar atau masyarakat untuk menyaksikan segala informasi terkait sejarah terbentuknya Sulawesi Tenggara dari 17 Kabupaten/Kota dan menyajikan tokoh-tokoh Sultra.

Nur Saleh berkomitmen untuk memperbaiki SDM yang ada. Dengan bekerjasama dengan akademisi dari perguruan tinggi, maka program yang telah dirancang dapat terlaksana. Jika memasuki area Perpustakaan Modern, langsung disajikan dengan informasi melalui film dokumenter.

“Teknologi informasi saat sudah sangat maju, mungkin dengan program seperti yang saya rancang, dapat memacu minat baca masyarakat,”harapnya

Untuk diketahui, Perpustakaan Modern yang dirancang AMAN merupakan masuk dalam visi misi yang bakal diwujudkan dalam periode Tahun 2018-2023 . Perpustakaan Modern ini menelan anggaran Rp 100 Miliar dan memilik 8 lantai. Rencananya ini akan dioperasikan pada Tahun 2021. (Bar)

Artikel Lainnya
Load More By rightnewskendari
Load More In Kendari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Surveyor PT Anindiya Wiraputra Konsult Diduga Mainkan Kadar Nikel

KENDARI, RIGHTNEWS.COM – Surveyor PT Anindya Wiraputra Konsult diduga melakukan perm…